Nama Indonesia #1

Indonesia

Tahukah Anda sejarah nama Indonesia itu terbentuk? Asal-usul nama Indonesia berawal dari catatan masa lalu yang mana kepulauan terletak diantara Indocina dan Australia dengan beraneka nama.  Antara lain datang dari:

1. Bangsa Tionghoa menyebut kawasan ini sebagai Nan-hai (Kepulauan laut selatan).

2. Catatan kuno dari Bangsa India menamai kepulauan ini adalah Dwipantara (Kepulauan Tanah Seberang) yang berasal dari bahasa Sansekerta. Dwipa berarti pulau dan antara berarti seberang, luar.  Ada kisah Ramayana karya pujangga Walmiki menceritakan pencarian terhadap  Sinta (istri Rama yang diculik Rahwana) sampai ke Suwarnadwipa yang berarti  Pulau Emas, kemungkinan/perkiraan Pulau emas itu sekarang adalah Pulau Sumatera yang terletak di Kepulauan Dwipantara

3. Nah..untuk Bangsa Arab menyebutkan dengan istilah Jaza’ir al-Jawi (Kepulauan Jawa), makanya jangan kaget kalau kita datang ke negara Arab pastinya orang-orang Arab menyebut Jemaah  Haji Indonesia sebagai orang Jawa walaupun orang Indonesia tersebut bukan orang Jawa dan hingga saat ini mereka (orang Arab) masih memanggilnya dengan istilah Jawa.  Bahasa Arab juga mengenal nama-nama Sumatera (Samathrah), Sulawesi (Sholibis) dan Sunda (Sundah) yang disebut sebagai kulluh Jawi (semuanya Jawa).

Ingat pelajaran Sejarah di bangku sekolah? Sejarah mengatakan bahwa bangsa-bangsa Eropa pertama kali datang beranggapan kalau Asia hanya terdiri dari orang-orang Arab, Persia, India dan Tiongkok.  Hindia merupakan daerah yang terbentang luas antara Persia dan Tiongkok.  Asia tenggara dinamai oleh Bangsa Eropa sebagai Hindia Belakang, Jazirah Asia Selatan mereka sebut Hindia Muka, oleh karena itu sering kita dengar dengan istilah Kepulauan Hindia atau yang Bahasa Eropa (Indische Archipel, Indian Archipelago, l’Archipel Indien) dan ada juga istilah lain Kepulauan Melayu (Maleische Archipel, Malay Archipelago, l’Archipel Malais).

Sementara itu untuk kepentingan politik di bawah jajahan Belanda, daerah jajahan mereka diberi nama resmi Nederlandsch-Indie (Hindia-Belanda).  Daerah jajahan Jepang tahun 1942-1945, mereka menamakan daerah jajahannya dengan istilah To-Indo (Hindia Timur) dengan maksud dapat menaklukan kepulaun ini.
Multatuli atau nama samaran dari Eduard Douwes Dekker (1820-1887) menyebutkan Kepulauan Indonesia dengan sebutan Insulinde yang berarti Kepulauan Hindia (bahasa latin insula adalah pulau).  Nama Insulinde ini pernah menjadi nama surat kabar dan organisasi pergerakan di awal abad ke-20.

bersambung…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: