Becak

 

Becak bahasa Hokkien: be chia “kereta kuda“) adalah suatu moda transportasi beroda tiga yang umum ditemukan di Indonesia dan juga di sebagian Asia. Kapasitas normal becak adalah dua orang penumpang dan seorang pengemudi. Ada dua jenis becak yang digunakan di Indonesia yaitu: (dariBecak (dari bahasa Hokkien: be chia “kereta kuda“) adalah suatu moda transportasi beroda tiga yang umum ditemukan di Indonesia dan juga di sebagian Asia. Kapasitas normal becak adalah dua orang penumpang dan seorang pengemudi. Ada dua jenis becak yang digunakan di Indonesia yaitu:

1. Becak dengan pengemudi di belakang. Jenis becak ini dapat dijumpai di Pulau Jawa seperti di kota: Yogyakarta, Solo, Cirebon, dll

2. Becak dengan pengemudi di samping. Jenis becak ini dapat dijumpai di Pulau Sumatera dan Sulawesi tetapi untuk becak jenis ini dibagi lagi ke dalam 2 (dua) jenis antara lain:

a. Becak Kayuh yang merupakan becak yang menggunkana sepeda sebagai kemudi

b. Becak bermotor/becak mesin yang merupakan becak yang menggunakan sepeda motor sebagai penggerak

Becak Kayuh

Rickshaw-Hamburg

 

 

 

 

 

 

 

 

Di beberapa negara maju, becak telah dikembangkan menggunakan gigi percepatan/transmisi seperti yang digunakan pada sepeda modern sehingga dengan sistem penggerak seperti ini diharapakan becak mampu melewati tanjakan dengan lebih mudah dan disain yang diterapkan menggunakan sistem aerodinamis serta pengemudinya berada di depan ruang penumpang.

Sumber: Pelbagai Sumber

 

 

 

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: