Puncak Acara GREBEG SAMPAH (28 Feb, di TPA Piyungan, Bantul)

Tidak kalah pentingya dari Grebeg Mulud yang saya post-kan kemarin.  Acara Grebeg Sampah…ya acara grebeg sampah ini tergolong unik.  Apa dan gimana tentang seluk beluk Grebeg Sampah silakan baca post dari kawan saya Sekar Sari (dari Paguyuban Dimas Diajeng Jogja)
Persoalan sampah sampai sekarang masih menjadi persoalan besar, termasuk di Yogyakarta. Salah satu indikatornya adalah masih banyak pihak yang beranggapan bahwa sampah merupakan masalah pribadi, sehingga sampah hanya dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain saja, tanpa diselesaikan. Seperti kita ketahui bersama bahwa tahun 2012 nanti TPA di Piyungan akan berakhir masa beroperasinya. Artinya masyarakat DIY, khususnya Kota, Bantul dan Sleman akan kehilangan tempat untuk pengelolaan sampah akhir. Apa yang dapat kita lakukan. Berkaitan dengan hal itu banyak pihak harus bergerak dan memiliki kesepakatan. Dalam rangka mendukung penetapan Hari Peduli Sampah tanggal 21 Februari, akan diadakan gelar GREBEG SAMPAH 2010.

Latar Belakang
1. Realitas objektif bahwa sampah akan selalu ada dan mengikuti kehidupan manusia
2. Terjadinya perubahan orientasi produksi tanpa mempertimbangkan keselarasan
3. Peningkatan volume dan ragam sampah yang seolah-olah tanpa kendali
4. Semakin sulitnya mencari lahan dan mengelola TPA
5. Menguatnya budaya instan (budaya ingin serba cepat, praktis dan nggak mau repot) menggeser budaya local sehingga “buang” menjadi solusi dan sungai seringkali menjadi korban.
6. Memburuknya kualitas air akan menyebabkan memburuknya kesehatan lingkungan

Tujuan Kegiatan
1. Mengingatkan tentang bahaya sampah jika tidak dikelola dengan benar
2. Menunjukkan realitas bahwa usia teknis TPA Piyungan akan segera berakhir (2012)
3. Mendorong lahirnya kebijakan yang mampu menekan laju produksi sampah (reduce)

Bentuk Kegiatan
1.Atraksi Kesenian Tradisi
Menampilkan kesenian jathilan, yang bermain di arena sampah di tempat penampunga akhir (TPA) piyungan, bantul, yogykarta.

2.Atraksi Layang-layang

3.Talk Show
Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang diharapkan dapat menghasilkan rumusan strategis tentang penurunan volume sampah. Nara sumber terdiri dari : KLH, Walikota Jogja, Direktur LESTARI, dan Titi Kamal. Moderator: Diajeng Indria Sastrotomo

4.Fashion Show
Akan menampilkan karya-karya kreatif fashion kolaborasi desainer dari LESTARI – Paguyuban Pengelola Sampah Kampung Pugeran Jogja (BUDI POLAH) serta desainer jebolan PAPMI Jogja dan Komunitas Perupa Perempuan Jogja yang dibuat dari sampah terutama sampah plastik. Kegiatan ini akan didukung sepenuhnya oleh Paguyuban Dimas-Diajeng Jogja. Kegiatan ini bertujuan untuk memperlihatkan bahwa dari sampah bisa diolah dan dimanfaatkan menjadi produk kreatif yang ready to use yang punya nilai ekonomi.

5.Ritual Grebeg Sampah
Ritual ini akan dikemas dalam sebuah Performance Art, yang akan dikomandomandi oleh seniman Jemek Supardi dan akan dikawal oleh pasukan yang akan membawa sesaji berupa: Golong Sampah Raksasa. Rencananya ini akan diarak mengelilingi kawasan lautan sampah. Secara konseptual performancenya akan merespon berbagai hal yang ditimbulkan oleh sampah. Pergulatan diantara timbulan sampah di TPA Piyungan dengan pemulung, sapi dan alat berat akan diolah dengan bahasa tubuh dan mimic dari Jemek Supardi dkk.

6.Melukis Bersama Oleh Seniman-seniman Muda Jogja
Melukis Bersama dengan melibatkan puluhan seniman maupun masyarakat yang bersedia ikut menorehkan goresan ke dalam kain kanvas. Tema besar dalam lukis bersama ini adalah Sampah dan Problem lingkungan yang ditimbulkannya.

Lokasi Kegiatan
Semua kegiatan akan dipusatkan di area TPA Piyungan

Waktu Kegiatan
Akan dilaksanakan tanggal 28 Pebruari 2010 (hari Minggu), mulai pukul 13.00 WIB–17.00 WIB

CP: Dimas Tovic (085741859800)

Penanggungjawab Kegiatan
Agus Hartana (087839144112)
Direktur LESTARI ( Lembaga Studi dan Tata Mandiri)

(re post note Paguyuban Dimas Diajeng Yogyakarta)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: