Grebeg Mulud

Sekedar informasi dari http://www.wisatamelayu.com bahwa beberapa hari pada tanggal 27 Februari 2010 akan dilaksanakan Grebeg Mulud yang akan dilaksanakan di Masjid Agung Kasunanan Surakarta, Kota Surakarta, Prop. Jawa Tengah, Indonesia.

Sebagaimana acara ritual ini merupakan acara puncak dari pelaksanaan Sekaten yang digelar di Masjid Agung Kasunanan Surakarta.  Dalam rangkaian acara ini akan dipersembahkan beberapa buah gunungan sebagai perlambang kesuburan dari wilayah setempat yang menasbihkan diri sebagai kerajaan Islam.  Gunungan ini akan diperebutkan oleh rakyat/warga dengan harapan mendapat berkah dari penguasa kraton.  Proses Grebeg Mulud ini sebagai penanda penutupan acara Sekaten dengan pemukulan gamelan secara terus menerus.

Tidak hanya di Kasunanan Surakarta dilaksanakan Grebeg Mulud tetapi di Kasultanan Yogyakarta juga dilaksanakan hal yang sama.

  1. weh mas fembri.. ternyata bloger juga. Salam hangat mas dari mburi malioboro..:mrgreen:
    laporan bos, malam ini jogja terang, meski grimis rintik2 ..
    sore hari tadi hampir seluruh wilayah jogja hujan deras.apakah efek dari persiapan menjelang grebeg, agar malam terang bnderang ?? wallahu alam .

      • vembrijogja
      • Februari 26th, 2010

      maturnuwun mas…selalu saja berkunjung ke mari ya..thx buat info cuaca di jogja, sekedar share cuaca di Jambi cukup panas dari sekian hari tidak hujan. Semoga cuaca hujan di jogja membawa berkah dalam acara grebeg….semoga acara grebeg berjalan lancar..amiin…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: