Wajah Bumi Bangka

Wajah Bangka 1Setahun yang lalu..ya..setahun yang lalu saya pulang lagi ke Pulau Bangka dari kota kelahiran saya, Kota Yogyakarta. Bangka merupakan pulau yang mana saya ditugaskan untuk mengawasi sebuah proyek infrastruktur untuk beberapa waktu.

Sedikit bercerita sesaat saya menempuh perjalanan menuju Bangka. Maskapi pernerbangan yang saya tumpangi sebentar lagi akan mendarat di Bandara Depati Amir, Pangkalpinang. Terlintas dari pikiran saya untuk mengambil gambar dari kamera saku untuk memotret wajah bumi Bangka dari udara.

 Alangkah kagetnya… wajah bumi Bangka yang hampir keseluruhan rusak akibat penambangan timah yang merajalela. Beberapa tanah di Bangka tampak seperti kubangan air yang tidak dipelihara dan ditinggalkan begitu saja. Tetapi , ada juga bekas-bekas lubang penambangan timah yang sering disebut oleh masyarakat setempat dengan sebutan camoy, sudah di reboisasi oleh pemerintah setempat atau oleh perusahaan yang mengelola penambangan tersebut.

Dalam benak pikiran saya selalu bertanya: “apakah masyarakat atau pemerintah setempat mempunyai gagasan yang terbaik untuk mengelola hal ini?” saya yakin kalau pemerintah telah mengupayakan untuk mencari alternatif lain untuk menjembatani hal ini, hingga masalah bekas-bekas penambangan timah bisa dikerjakan secara konseptual.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

